Senin, 02 Januari 2012

Wedang Ronde

yuk nge"Wedang Ronde ". pas banget hujan yang menguyur dari tadi malam sampai pagi ini. 

Tapiiiii,...yang lagi shaum senin, dibikin buat buka puasa aja nanti sore.
Resep ngelirik dari mbak Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani, makasih sharenya ya mbak...jangan lupa kalo ke Semarang, mampirlah mbak,...nanti aku bikinin,...hehehe. Ijin share disini ya...

Wedang Ronde



Bahan :
200 gr tepung ketan
2 sdm tepung sagu
200 ml air + dicampur 1 sdt peres sekali kapur sirih
2 lt air untuk merebus ronde
100 gr enting enting ( kemaren aku pake kacang tanah cincang, dilblender dicampur dengan gula pasir, tapi lupa nimbang,...dikira kira cukup manis aja ya,...)
pasta pandan, pasta strawbery,...

Cara :
campur semua bahan tepung, bagi menjadi 3,(putih, merah, hijau...atau terserah selera ).
Bulatkan kecil kecil dan diisi enting enting
air direbus sampai mendidih, lalu masukkan bulatan ronde.
biarkan sampai naik ke permukaan.

Bahan Wedang ( kemaren aku kira kira sendiri,...duuh maaf ya ), tapi original resepnya seperti ini:
200 gr gula pasir
7 helai daun jeruk purut
100 gr jahe --> mo ditambah sesuai selera saja
1 kayu manis
serai -----. aku masukin sendiri
pandan ----> aku masukkin sendiri
2 lt air


Masak air, masukkan semua bahan. Diamkan sejenak, tapi ditutup ya,..
supaya jahenya keluar, bakar sebentar jahenya dikupas kulit yang hitamnya itu,...keprak, lalu masukkan ke air yang mendidih.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar