Minggu, 14 Oktober 2012

Marble Lapis Wingko


LBT # 18 
Theme : Wingko




Surprisee,.....peer kali ini dengan Host Teh Diah Raki, dan host tamu mbak Desak Santi, mengangkat tema Wingko. Beberapa kali bikin wingko secara kudapan ini termasuk paporit keluarga, soalnya ludesnya cepet,...xixixi...
Dari yang original wingko, trus Wingko Tape singkong, kali ini pengen wingko dari ketan Hitam.

Sebetulnya, planningnya pengen bikin ala  lapis, dengan toping wijen, tapi ternyata, berat ketan putih dan hitam, tidak berimbang beratnya,....

Akhirnya, loyang " sisa adonan " dibuat marble aja deh,...
Dan judulnya tetep " nekad "  yaitu Marble Lapis Wingko. Resepnya intip dari Teh Herti tapi udah dimodif oleh Teh Ike, dan tetep aku modif ala saya




Berikut resepnya :


MARBLE LAPIS WINGKO

KETAN HITAM

Bahan :
200 gr tepung ketan Hitam
  50 gr tepung kanji ----> saya 75 gr
175 gr gula pasir
250 gr kelapa parut yang sedang ----> saya 300 gr
1/2 sdt garam
50 gr butter dicairkan
250 cc santan ----> saya pake kara 60 + 190 cc air putih
1 butir telur

KETAN PUTIH

Bahan :
200 gr tepung ketan putih ---> saya 300 gr
  50 gr tepung kanji ----> saya 75 gr
175 gr gula pasir ---> saya 160 gr
250 gr kelapa parut yang sedang ----> saya 300 gr
1/2 sdt garam
50 gr butter dicairkan
250 cc santan ----> saya pake kara 60 + 190 cc air putih
Vanili ---> tambahan
1 butir telur

Cara :
 Baik tepung ketan hitam maupun tepung ketan putih sama yaaa,...
Campur gula, kelapa, tepung ketan putih / ketan hitam, tepung kanji, garam.
Masukkan telur, santan dan butter leleh.
( ambil sedikit bahan dari tepung ketan putih dan diberi pasta coklat digunakan sebagai marblenya )

Tuang tepung ketan hitam lebih dahulu ( sepertinya lebih berat tepung ketan hitam dibanding tepung ketan putih ) di dalam loyang yang sudah dioles margarin.
Lalu buat marble dari bahan yang diberi pasta tadi.

Panggang sampai matang,....

Hasilnya ?......yummmy....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar