Selasa, 25 Desember 2012

Cake Sarang Semut


 Meski bukan cake favorit saya, tapi ini yang kedua kali saya bikin,...
Saya "rela " membuat cake ini, secara my hubby tuh suka banget dengan cake yang gak moist,..hehehe..Misalkan, cake bantat, cake yang ngaret,....aneh*.


Resep yang pertama saya bikin, memakai resepnya mbak camelia. Sebenarnya saya sudah cocok dengan rasanya, tapi menurutku agak "oily.

Yang kedua ini, saya memakai resepnya mbak Ricke. Ijin share resepnya ya mbak dan terimakasih untuk ilmunya....

Gak pake lama lama, hayyuk dicatat dan dibikin.

Cake Sarang Semut

Bahan :
400 gr gula pasir
400 ml air panas
5 lembar daun jeruk purut, diiris tipis ----. sukaaa sama baunya, cueger,...*
2 lembar daun pandan, iris tipis

5 butir telur
120 gr terigu protein sedang
150 ml susu kental manis
150 gr margarin, lelehkan dan dinginkan
1 sdm soda kue

Cara :
1. Panaskan gula pasir hingga coklat dengan api kecil (jangan sampe gosoong, entar pahit..)
2. Tambahkan air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk dan pandan. Dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar air gula menjadi 400 ml

3. Panaskan oven 180 derajat celcius. Siapkan loyang tulban ukuran 22 cm yang sudah dioles margarin dan taburi tipis tepung.

4. Kocok telur dengan whisk hingga berbusa. Masukkan terigu, sedikit demi sedikit bergantian dengan sirup caramel. Aduk rata dan licin. Sring bila perlu.
5. Masukkan SKM, margarin . Aduk rata
6. Masukkan soda kue. Aduk rata.
7. Tuang ke dalam loyang dan panggang kurleb 45 menit. Kalo saya sampai 60 menit.

Sepertinya ribet,...tapi kalo dijalanin enggak kok,...mudah banget,...

Ssst,..ini scene behindnya pemotretan di " studio odong odongku"



aaah,....sepertinya saya harus membuat light box "jadi jadian" ala mbak citra neh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar