Kamis, 10 Oktober 2013

Kue Satu aka Kue Satru


Cihuy,.....

Mulai bulan September, group facebook pertama kali yang saya ikuti yaitu Let's get Baking Together mengalami perubahan yang positif. Semoga dengan "penyegaran" di badan LBT, group kita semakin berkibar dan sukses terus untuk anggotanya.
 Beli cetakan kue satu, udah dari jaman jebrot. 
Ini nih, kebiasaan kalo ke TBK langganan trus suka ngiler kalo ada cetakan yang "aneh aneh ", selalu gatel buat beli, padahal gak tahu bikinnya kapan.
Dampaknya, lemari sayapun mulai sesak,.....butuh tempat baru*

Nasib bagus buat cetakan saya ini, akhirnya kesampaian "mengulik " kue satu. Kalo di kota saya lebih dikenal dengan nama kue satru.
Gak bagusnya, pas hari " H" nya kacang ijo mo dieksekusi, tabloid Koki yang memuat resep kue ini,..nyungsep entah dimana,...hadeeeeeeh*.
Udah diubek ubek gak ketemu juga, padahal udah H-1 kudu setoran peer.....duuuh kesel banget*
Beruntungnya, saya malah menemukan tabloid Nova yang mengupas kue traditional semacam kue Rintak, Sagon, bangket, dan.....Kue Satu,....paaas,...girang*
Gak pengen menunda nunda bikin kue satu dan setoran ontime, secara hari hari kedepan bakal ketimbunan orderan,...
Alhamdulillah, kelarisan euy*.
Yach,...demi lensa idaman, saya "ikhlas" kerja keras,.....tsaaaah*
Cut...cut...cut,...back to topic...
Kue Satu adalah kue tradisional berbahan tepung kacang ijo.
Kalo digigit ada sensasi bunyi "kletuk", tapi lumer di mulut,....

Ini resep yang saya pake :

KUE SATU
------------
Source : Tabloid Nova

Bahan :
100 gr kacang ijo kupas, disangrai dan haluskan ---> saya blender
100 gr gula tepung -----> saya 120 gr
1/4 sdt garam
150 ml santan dari 1 butir kelapa, rebus dengan 2 lembar daun pandan, dinginkan
200 gr tepung ketan


Cara :
Masukkan Garam ke rebusan santan, aduk rata
Campur tepung kacang ijo, gula tepung dan tepung ketan.
Tuang santan, aduk rata sampai kalis.
Pulung dan cetak ke cetakan kue satu ( bisa juga menggunakan cetakan praline )

Panggang dengan suhu 130 derajat celcius sampai matang.
Kali ini saya pengen"seru seruan, jadi adonan diberi warna dengan menggunakan pasta.


Masih belum puas dengan hasil akhirnya, belum sesuai yang diinginkan. Mungkin ada proses saya yang salah kali yaa,..jadi gak lumeeer gitu pas udah digigit.

Tapi gak papalah, itung itung udah pernah mencoba dan jadi tahu bagaimana high effortnya membuat kue traditional.
Next time pengen bikin lagi dengan resep yg lainnya,...mudah mudahan tabloid Koki yang nyungsep segera diketemukan,..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar