Kamis, 21 November 2013

Apem



Bener bener lagi semangat 45 nich baking membakingnya,...
Kalo pas semangat begini sebetulnya ada plus dan minusnya. Plusnya, blog saya bakal berkurang "bulukannya", karna pasti dong ada postingan baru, dapat ilmu dan pengalaman bertambah.
Minusnya,.....badan semakin membengkak,.....hooooooooo OCD model baru kalo begini mah.
Ono Cemilan Dipangan ( dimakan*),...hihihihi......

Lha yang aneh, mendadak pengen banget apem.
Padahal, apem ini cuman ada kalo ada yang kendurian....ngarep*.
Daripada nunggu tetangga, kok gak ada yang punya hajat, yowislah bikin sendiri, pulang kerja disempetin beli tape  di spm dekat kantor.

Pernah nyoba resep ibu mertua, sayangnya saya sepertinya tidak berjodoh dengan resep beliau.
Dari tekstur, menurut lidah saya kurang nyos dan tingkat kegagalannya juga tinggi.

Setelah hunting ke sana kemari, akhirnya mengantongi 2 resep yang bakal dicoba.
1 resep yang full pake tepung terigu, dan tanpa tape. Resep lainnya, dari mbak Nina Agustina, yang menggunakan tepung terigu dan tepung beras.
Diputuskan, pake resepnya mbak Nina dulu deh,....

Dari rasa, tekstur,..saya sukaaaaa,....dan jadi gak pengen nyoba resep yang satunya lagi deh,...hihihi....
Biar apemnya udah dingin, teksturnya gak berubah, tetep menul menul,...like this is.....

Wis, bakal jadi resep apem andalan dah,......

APEM

Bahan :
200 gr tepung terigu
200 gr tepung beras
350 gr tape singkong 
300 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdm ragi instan
sejumput garam ( saya 1/2 sdt teh )
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :
Campur tepung terigu dan tepung beras.
Di wadah lain, campur tape, gula, ragi dan telur. Kocok sebentar hingga gula larut ( saya menggunakan sendok kayu )
Masukkan campuran tepung bergantian dengan santan sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah. (saya tetap menggunakan sendok kayu dan sendok sayur ).

Diamkan adonan ditempat hangat selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan mengembang. ( saya kurleb 45 - 50 menit )
Panaskan cetakan, tuang 1sendok sayur adonan.
Masak hingga matang. Angkat dan lakukan adonan hingga habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar