Selasa, 19 November 2013

Pie Susu



Akhirnya bikin juga Pie susunya,.....

Baking itu seperti "virus". 
Kadang gak sampai 2 minggu, virusnya udah berganti.
Tapi jangan kawatir, virusnya ini virus enak kok....
Nah pertanyaannya, kenapa saya baru bikin sekarang ?.... padahal Pie Susu ini udah booming beberapa waktu yang lalu.
Jawabnya adalah,....lagi mengira ngira,...ini rasanya susu banget gak yaa,....soalnya saya gak suka yang rasa milky banget,...trus penggunaan kuning telurnya juga,..haadeeuh....

 

Dan komporan dari teman teman yang udah bikin, berhasil meledukkan dapur saya,....
Akhirnya, saya menekadkan diri ( EYD yang buruk yaa....) membuat Pie susu ini, tapi cuman 1/2 resep saja,...
Huwaaaaa,.......nyeseeeel, kenapa bikin cuman 1/2 doang, soalnya, enaaaaaak banget....

Resepnya masih menggunakan resep mbak Ricke, meskipun ada beberapa resep yang pemakaian telurnya lebih sedikit, tapi saya lebih nyaman menggunakan resep beliau....
Dibawah ini, ukuran resep aslinya yaa,...

Bahan
  • 300gr margarin / butter (di mix)
  • 3 kuning telur ( kemaren saya menggunakan 1 kuning telur untuk 1/2 resep ditambah 1  1/2 sdm )
  • 500gr tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm munjung gula kastor
Cara membuat
  1. Campur semua bahan menjadi satu dengan memakai pisau pastry (Bisa juga diaduk menggunakan sendok kayu. Aduk adonan hingga tercampur rata (berbulir-bulir).
  2. Bulat dan padatkan adonan hingga mudah dipulung (dibentuk).
  3. Siapkan cetakan, oleskan margarin atau minyak tipis saja.( saya tidak mengoles loyang pienya )
  4. Cetak adonan dan sisihkan.
Bahan filling
  • 30gr tepung custard
  • 400 ml air
  • 300 ml susu kental manis ( kurleb 1 kaleng skm )
  • 8 kuning telur kocok lepas
  • 2 sdt vanilla
Cara membuat filling
  1. Campur air dengan susu kental manis lalu aduk hingga merata.
  2. Masukkan kuning telur aduk hingga rata.
  3. Masukkan vanila dan tepung custard, aduk rata dan kemudian saring adonan.
Penyelesaian :
  1. Tuang filling ke dalam adonan pie yang sudah dicetak.
  2. Panggang dengan suhu sekitar 160 derajat celcius ( saya 150 derajat celcius ) hingga filling set dan kekuningan. Lamanya disesuaikan, sekitar 50 menit bergantung oven masing-masing.
  3. Setelah matang, keluarkan dan dinginkan. Setelah dingin baru bisa dikeluarkan dari cetakan.

Huuuk,....huuuk,...1 gak kan cukup deeh,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar