Selasa, 10 Desember 2013

Cake in Jars


LBT # 28



Setelah absent di tantangan Biscotti, bulan ini harus berusaha setor peer ke 28.
Host kali ini adalah mbakyu Nina Agustina dan Fifi Fitriyanto.
Tantangannya  adalah Cake in jars. Yaitu cake yang ditata didalam toples kecil atau tempat yang bening.

Flash back beberapa waktu lalu sempat menjadi trend setelah rainbow cake mewabah dijagad perbakingan. Banyak para bakulers yang mengemas si rainbow dengan toples toples kecil. Tetapi dalam perjalanan waktu, gak hanya rainbow saja yang dibuat sebagai cake in jars, tetapi bisa jenis cake yang lainnya seperti sponge cake, red velvet, dll.

Seperti cake in jars yang saya bikin ini, sebetulnya inspirasinya dari African Gateux, yaitu, lapisannya menggunakan vla. 
Alasannya lagi gak pengen yang berlemak lemak gitu sich,...inget timbangan badan yang gak turun turun,....hihihi (project OCD yang gagal *).

Tapi sayangnya gagal......
Karena ternyata vla untuk diaplikasikan ke dalam jars itu susaaaaaaah banget.....hiks
Mungkin gak susah pake banget sich sodara sodara, cuman karna waktu saya membuat tantangan ini bersamaan dengan tugas saya menjadi " satpamnya " kiddos yang mo semesteran.. 
Akibatnya gak sabar mo buruan ngefotoin, bersih bersih dan nangkring melototin krucil krucil yang lagi belajar,.....duuuu, gini nich,..anaknya yang UAS, simboknya ikutan "pening",...hihihi.


Akhirnya vla yang sudah terlanjur dibuat, dicemilin  sama si kecil yang emang suka banget sama vla.
Dan, saya kembali menggunakan buttercream sebagai lapisan dan diberi selai strawberry yang sudah saya bikin sebelumnya di sini.


Basic cake yang saya gunakan adalah Rich Strawberry Layer Cake dari Sajian Sedap, yang saya modif disesuaikan bahan yang ada.

Bahan
200 gram tepung terigu protein sedang
30 gram tepung maizena
20 gram susu bubuk
75 gram gula pasir halus   ----> saya 70 gr
150 gram minyak goreng
100 gram stroberi segar   -----> saya hanya 80gr,....cuman punya stock segitu ^_*
100 ml air  ---> saya menggunakan Juice Buah Vita, rasa Strawberry mix berry
1/8 sendok teh esens stroberi
25 tetes pewarna merah muda ---> saya tidak menggunakan.
8 kuning telur
8 putih telur
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh cream of tartar  ---> saya skip karena menurut kami para muslimin, bahan ini masuk kategori tidak halal. dan mengganti dengan air jeruk nipis
125 gram gula pasir

Bahan Olesan:
Buttercream
Selai strawberry homemade, yang disini



Cara
  1. Blender halus stroberi dan air. Saring. Ukur 200 ml air stroberi. Sisihkan.
  2. Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan gula pasir halus. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Aduk rata minyak goreng, air stroberi, esens stroberi, dan pewarna merah muda.
  4. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit – sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  6. Tuang campuran tepung terigu ke kocokan putih telur sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Tuang di dua buah loyang diameter 24 cm tinggi 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.( saya menggunakan 2 loyang kotak ukuran 24 x  24 x 4 )
  8. Belah menjadi  tiga masing-masing cake.
  9. Ambil selembar cake. potong sesuai ukuran toples.
  10. Masukkan cake ke dalam toples. Oles dengan buttercream dan beri selai strawberry diatasnya. 
  11. Tumpuk lagi dengan cake, buttercream, dan selai sampai penuh
  12. Hias atasnya dengan topping sesuai selera.
Cake ini teksturnya lembut, seperti ciffon, tapi gak kapes kapes banget,.....halaaah apa ya istilahnya kapes kapes itu,...wis pokoknya gitulah,...enaaak.....

Selamat mencoba temans,...happy baking ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar