Sabtu, 28 Desember 2013

Cassava Thailand

Kudapan minggu lalu yang belum sempat diposting,...



Ceritanya, dari rumah sudah niat ke pastrad cuman beli nanas untuk bikin selai.
Pokoknya harus tutup mata, nyiapin uang pas biar gak toleh sana toleh sini,...hihihi...
Iya nich, tiap kali ke pastrad tuh bikin "anggaran" kacau,...yang harusnya gak masuk daftar pembelian, malah dicomot, yang harusnya dibeli malah lupa,...hahahaha...
Setelah nanas didapat, ternyata masih ada kembalian dikit, akhirnya buat beli singkong, tuuuuh kan....
Padahal lagi gak ada keinginan bikin kudapan dari singkong. 
Gak papalah, entar digoreng  atau dikukus seperti biasa aja.

Singkong dikupas dan dicuci, tiba tiba muncul ide, bikin dessert ala cassava Thailand.
Tapi seperti biasa saya tidak menggunakan ukuran resep asal cemplung saja.
Inspirasinya sich  dari resep NCC, tetapi disini saya menambahkan santan areh.

Daaaaan,...rasanya uenaaaaaak,.....perpaduan manis dan gurih yang paaaas banget.
Simple dessert, highly taste,.....

Karena saya menggunakan resep ala cemplung cemplung, saya tuliskan resep inspirasinya saja yaaa, inipun enak, saya pernah bikin.

Bahan:
500 gr  singkong/ubi kayu
100 gr  gula pasir
200 ml  air
½ sdt garam
200 ml  santan instant (misal Kara)
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air

2 lembar daun pandan ---> tambahan dari saya

Cara membuatnya:
Rebus singkong dan air hingga matang.
Masukkan gula pasir, masak terus hingga gula meresap.
Tuang santan instant. Didihkan sekali lagi.
Tuang tepung maizena cair, aduk rata hingga mendidih dan mengental.
Angkat. Sajikan.


Santan areh  ---> tambahan dari saya,...tanpa arehpun udah enak.

400 ml air santan dengan kekentalan sedang
1 sdm makan maizena, dicairkan dengan sedikit air.
1 lembar daun pandan
1/2 sdt garam   -----> atau sesuai selera.

Cara :
Masak santan dengan garam dan daun pandan
Masukkan larutan maizena, kemudian aduk sampai rata 

Hidangkan Sweet Cassava dengan areh santan,uhuuuuy,....rasanya enaaaaaak bangeeet,...

Happy baking ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar