Rabu, 04 Juli 2012

Apple Pie


Punya Apel nganggur ? males nguyahnya ?..aku banget tuh....
Buah yang paling tidak "laku" dirumah tuh buah apel. Bisa dipastiin, bakal ngendon di lemari es lamaaaa,....
Gak tahu kenapa, tiba tiba pengen buah apel,...lah dibelilah apel di toko buah langganan.
Eeee...sampe rumah, moodnya udah ilang....hadeeeeh
Akhirnya diakalin dibikinlah Apple Pie. Resep nyontek blognya http://daunpisang.blogsome.com/, dimodif dikit ala aku.
Terutama untuk isian, kemaren aku masak dulu supaya agak sedikit layu
Terimakasih share resepnya mbak RD,......

Bahan Crust:

300 gr tepung terigu
3 sdm gula bubuk ----> aku skip, pengen yang asin, soalnya
1/2 sdt garam
175 gr mentega tawar ---> aku mentega MC
1 butir telur
5 sdm air es

Bahan isi :
1 Kg apel, kupas, iris tipis, rendam dalam 3 sdm air jeruk nipis. (aku pake 480 gr apple aja) ---> aku kemaren pake 5 buah apple trus diiris dadu
200 gr gula kastor ---> aku pake ukuran kira kira aja, disesuaikan dengan selera lidah masing masing....^_^
1 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt pala bubuk ---> aku gak pake
2 sdm tepung terigu ---> aku tambahin 1 sdm maizena

50 gr potongan mentega beku (aku ga pake)

olesan : 2 btr kuning telur. (aku pake 1 butir + 1 sdt madu )

Caranya :

- Uleni bahan kulit pie dengan cara berikut: campur tepung terigu dengan gula bubuk dan garam, aduk rata. Masukkan mentega lalu aduk rata, gunakan dua buah pisau hingga menjadi butiran. Masukkan telur, campurkan, kemudian masukkan air es. Uleni sampai siap dibentuk. Biarkan selama 15 menit, kemudian tipiskan 0.5 cm.

- Pasang 1 lembar kulit pada loyang pie (bongkar pasang lbh baik), ukuran 24 cm, susun rapi sebagian apel lalu taburi dengan campuran gula rempah tadi, dan sebagian potongan mentega (aku ga pake potongan mentega).
- lakukan hal yg sama hingga apel dan bahan taburan habis, tutup dengan 1 bagian kulit yg tersisa
- buat lekukan atau pola hiasan sesuai selera, lalu oles bagian atas dengan
kuning telur, panggang dalam oven 180 c, selama lk. 60 menit.

Ala aku :
Cetak crust di loyang, masukkan bahan isian yang sudah dimasak lebih dahulu, tutup dengan bahan crust yang dibuat jalin. Lalu di panggang.

Mudah bukan ? Selamat mencoba dan happy baking


Tidak ada komentar:

Posting Komentar